Sabtu, 18 Mei 2019

Definisi Bilangan


Definisi Bilangan



Bilangan adalah kumpulan angka yang menempati urutan dari sebelah kanan sebagai nilai satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya. Sedangkan pengertian bilangan menurut wikipedia yaitu suatu konsep matematika yang dipergunakan untuk pencacahan serta pengukuran (Damar, 2015).Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan disebut sebagai angka atau lambang bilangan (Wikipedia, 2019).


Berikut merupakan Gambar Silsilah Bilangan:






    

  Simbol dan lambang yang dipakai untuk mewakili suatu bilangan disebut dengan angka atau lambang bilangan. Didalam matematika, konsep bilangan selama bertahun-tahun lamanya telah diperluas meliputi bilangan nol, bilangan negatif, bilangan rasional, bilangan irasional, serta bilangan kompleks.
Adapun definisi bilangan menurut para ahli:
  1. Aristoteles
    Bilangan adalah suatu kumpulan yang di ukur dengan satuan.
  2. Thomas
    Bilangan terdiri dari satu-satuan
  3. Menurut pandangan matematika Bilangan adalah suatu ataksi yang kosepsi/buah pikiran manusia itu sendiri
Ilmu tentang bilangan dalam matematika adalah teori bilangan. Ini bukan ilmu yang lengkap, ia terus berkembang dan semakin berkembang. Beberapa peraih Field Medal (hadiah yang sebanding dengan nobel untuk bidang matematika) adalah para matematikawan yang menyumbang dalam teori bilangan.
Bilangan adalah suatu ide yang bersifat abstrak yang akan memberikan keterangan mengenai banyaknya suatu kumpulan benda. Lambang bilangan biasa dinotasikan dalam bentuk tulisan sebagai angka (Danur, 2015). Prosedur-prosedur tertentu yang mengambil bilangan sebagai masukan dan menghasil bilangan lainnya sebagai keluran, disebut sebagai operasi numeris.
Operasi uner mengambil satu masukan bilangan dan menghasilkan satu keluaran bilangan. Operasi yang lebih umumnya ditemukan adalah operasi biner, yang mengambil dua bilangan sebagai masukan dan menghasilkan satu bilangan sebagai keluaran. Contoh operasi biner adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, dan perakaran. Bidang matematika yang mengkaji operasi numeris disebut sebagai aritmetika.

Damar. (2015). Pengertian Bilangan dan Macam-Macam Bilangan. Tersedia pada [online] https://www.rumusmatematika.org/2015/11/pengertian-bilangan-dan-macam-macam.html diakses pada 18 Mei 2019.
-----------. (2019). Bilangan. Tersedia pada [online] https://id.wikipedia.org/wiki/Bilangan diakses pada 18 Mei 2019.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar