A.
Latar
Belakang
Perkembangan teknologi pada era globalisasi maju
dengan pesat, segala aspek
kehidupan tidak terlepas dari
peran teknologi. Terutama pada bidang pendidikan, teknologi sangat dibutuhkan khususnya pada saat mempersiapkan
materi pelajaran yang akan
disampaikan pada saat proses belajar mengajar. Teknologi dalam dunia pendidikan
dapat berwujud apapun seperti alat
peraga serta media pembelajaran yang lainnya.
Apalagi pada
mata pelajaran matematika yang sering dipandang sulit oleh murid-murid di sekolah. Agar mereka bisa dengan mudah mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat
dengan menggunakan alat peraga yang telah disajikan dan disedikan di
sekolahnya.
Karena
itulah kami berinisiatif untuk membuat suatu trobosan berupa alat peraga. Alat peraga untuk pelajaran matematika sangatlah beragam, salah
satunya yaitu alat
peraga “Matriks Bersesuaian dengan Suatu Transformasi” yang mana alat peraga ini dikhususkan untuk materi pelajaran Transformasi
Geometri. Alat tersebut dibuat untuk mempermudah anak-anak SMA mempelajari
dan memahami tentang Transformasi Geometri, yang mungkin masih di rasa sulit oleh mereka yang mempelajarinya. Dengan dibuat dan disajikannya alat peraga “Matriks Bersesuaian dengan suatu
Transformasi“ tersebut dalam
proses belajar mengajar diharapkan murid-murid tersebut tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi Transformasi
Geometri. Alat peraga ini biasanya
diperuntukkan bagi murid-murid sekolah menengah pertama.
B.
Tujuan
Pembuatan Alat Peraga
1. Mempermudah
proses pembelajaran.
2. Meningkatkan
daya pemahaman siswa mengenai materi Transformasi Geometri
3. Memebuat
pelajaran lebih menarik.
4. Menambah
referensi alat peraga bagi sekolah.
C.
Manfaat
Pembuatan Alat Peraga
1. Manfaat
Teoritis
Menambah referensi di
bidang pendidikan, terutama dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui
penggunaan alat peraga Matriks Bersesuaian dengan suatu Transformasi.
2. Manfaat
Praktis
a. Bagi
siswa Meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada pembelajaran matematika
mengenai materi Transformasi Geometri.
b. Bagi
guru Memberikan masukan kepada guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam
melaksanakan pembelajaran, salah satunya melalui penggunaan alat peraga Matriks
Bersesuaian dengan suatu Transformasi.
c. Bagi
sekolah Termotivasi untuk melengkapi alat peraga yang sangat dibutuhkan dalam
proses pembelajaran. Selain itu, dapat memberikan masukan yang positif untuk
mengoptimalkan penggunaan alat peraga.
D.
Pembahasan
Teori
Matriks
dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah transformasi. Misal M adalah
matriks transformasi geometri yang dikenakan pada suatu titik P(x,y), maka
bayangannya dapat ditentukan oleh:
Berikut
adalah matriks-matriks transformasi geometri yang bersesuaian.
Bayangan
titik P(x,y) karena rotasi yang berpusat di A(a,b) sebesar dapat ditentukan dengan perkalian matriks
berikut.
Bayangan
titik P(x,y) karena dilatasi yang berpusat di A(a,b) dengan faktor skala k
dapat ditetukan dengan perkalian matriks berikut.
E.
Alat
dan Bahan
Alat : Palu
Gergaji Kayu
Spidol permanen
Penggaris
Gunting
Bahan : Triplek + bingkai
Karton warna
Double tip
Paku
Lem kayu
F. Estimasi Pendanaan
Nama Barang
|
Satuan
|
Harga
|
Jumlah
|
Triplek + bingkai
|
1
|
25.000
|
25.000
|
Karton warna
|
2
|
3.000
|
6.000
|
spidol
|
1
|
8.000
|
8.000
|
Paku
|
5.000
|
||
Lem
|
1
|
15.000
|
15.000
|
Total
|
59.000
|
G. Cara Pembuatan
Langkah – langkah pembuatan alat peraga Matriks Bersesuaian dengan suatu
Transformasi
1. Siapkan alat
dan bahan yang diperlukan.
2.
Potong triplek menjadi persegi panjang.
3. Buat bingkai dan kaki dari kayu
sebagai penopang
4.
Tulis rumus matriks dengan sepidol
permanen.
5.
Menuliskan rumusnya dengan sangat
hati-hati karena jika salah akan sulit untuk dihapus
6.
Buat nama alat peraga dengan kertas
karton
7.
Lalu tempelkan di triplek.
8.
Alat peraga siap digunakan
H. Cara Penggunaan
Adapun cara
penggunaan alat peraga “Matriks Bersesuaian dengan suatu transformasi” yaitu
sebagai berikut.
1. Pada alat peraga tersebut sudah ditampilkan
matriks-matriks yg bersesuaian dengan suatu transformasi
2. Matriks ini digunakan untuk
mempermudahkan siswa dalam mengerjakan soal transformasi menggunakan matriks
yang bersesuaian.
3.
Misalnya ada soal titik P(2,3) di
cerminkan terhadap sumbu X, tentukan P’
4.
Cara mengerjakannya yaitu dengan
melihat matriks yang bersesuaian pada alat peraga.
5.
Setelah itu operasikan titik
tersebut dengan matriks yang bersesuaian.
6.
Sehingga didapatkan hasilnya.
Daftar Pustaka
Istana Matematika.( 2016, 8 20 ).Geometri Transformasi. Diakses pada 05 Desember2018.Tersedia:https://www.youtube.com/playlist?list=PLMMmhyFdQsqVrQK-nxdDFlbZwyp_wJa6e
Sulistiyono.2015.
SPM Matematika Program IPA Untuk
SMA/MA.Jakarta : Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar