Minggu, 19 Mei 2019

Proposal Alat Peraga

A.           Latar Belakang
Perkembangan teknologi pada era globalisasi maju dengan pesat, segala aspek           kehidupan tidak terlepas dari peran teknologi. Terutama pada bidang pendidikan,      teknologi sangat dibutuhkan khususnya pada saat mempersiapkan materi pelajaran yang            akan disampaikan pada saat proses belajar mengajar. Teknologi dalam dunia pendidikan        dapat berwujud apapun seperti alat peraga serta media pembelajaran yang lainnya.
Apalagi pada mata pelajaran matematika yang sering dipandang sulit oleh murid-murid di sekolah. Agar mereka bisa dengan mudah mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dengan menggunakan alat peraga yang telah disajikan dan disedikan di sekolahnya.
Karena itulah kami berinisiatif untuk membuat suatu trobosan berupa alat peraga. Alat peraga untuk  pelajaran matematika sangatlah beragam, salah satunya yaitu alat peraga “Matriks Bersesuaian dengan Suatu Transformasi”  yang mana alat peraga ini dikhususkan untuk materi pelajaran Transformasi Geometri. Alat tersebut dibuat untuk mempermudah anak-anak SMA mempelajari dan memahami tentang Transformasi Geometri, yang mungkin masih di rasa sulit oleh mereka yang mempelajarinya. Dengan dibuat dan disajikannya alat peraga “Matriks Bersesuaian dengan suatu Transformasi“  tersebut dalam proses belajar mengajar diharapkan murid-murid tersebut tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi Transformasi Geometri. Alat peraga ini biasanya diperuntukkan bagi murid-murid sekolah menengah pertama.


B.            Tujuan Pembuatan Alat Peraga
1.      Mempermudah proses pembelajaran.
2.      Meningkatkan daya pemahaman siswa mengenai materi Transformasi Geometri
3.      Memebuat pelajaran lebih menarik.
4.      Menambah referensi alat peraga bagi sekolah.

C.           Manfaat Pembuatan Alat Peraga
1.      Manfaat Teoritis
Menambah referensi di bidang pendidikan, terutama dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui penggunaan alat peraga Matriks Bersesuaian dengan suatu Transformasi.

2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi siswa Meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada pembelajaran matematika mengenai materi Transformasi Geometri.
b.      Bagi guru Memberikan masukan kepada guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran, salah satunya melalui penggunaan alat peraga Matriks Bersesuaian dengan suatu Transformasi.
c.       Bagi sekolah Termotivasi untuk melengkapi alat peraga yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, dapat memberikan masukan yang positif untuk mengoptimalkan penggunaan alat peraga.

D.           Pembahasan Teori
Matriks dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah transformasi. Misal M adalah matriks transformasi geometri yang dikenakan pada suatu titik P(x,y), maka bayangannya dapat ditentukan oleh:  
 
  



Berikut adalah matriks-matriks transformasi geometri yang bersesuaian.
Bayangan titik P(x,y) karena rotasi yang berpusat di A(a,b) sebesar  dapat ditentukan dengan perkalian matriks berikut.

Bayangan titik P(x,y) karena dilatasi yang berpusat di A(a,b) dengan faktor skala k dapat ditetukan dengan perkalian matriks berikut.

E.            Alat dan Bahan
Alat :               Palu
                        Gergaji Kayu              
Spidol  permanen                    
Penggaris                                
Gunting

Bahan :           Triplek + bingkai
Karton warna
Double tip
Paku
Lem kayu

     F.     Estimasi Pendanaan
Nama Barang
Satuan
Harga
Jumlah
Triplek + bingkai
1
25.000
25.000
Karton warna
2
3.000
6.000
spidol
1
8.000
8.000
Paku


5.000
Lem
1
15.000
15.000
Total
59.000

     G.    Cara Pembuatan
Langkah – langkah pembuatan alat peraga Matriks Bersesuaian dengan suatu Transformasi  
      1.     Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
      2.      Potong triplek menjadi persegi panjang.
      3.      Buat bingkai dan kaki dari kayu sebagai penopang
      4.      Tulis rumus matriks dengan sepidol permanen.
      5.      Menuliskan rumusnya dengan sangat hati-hati karena jika salah akan sulit untuk dihapus
      6.      Buat nama alat peraga dengan kertas karton
      7.      Lalu tempelkan di triplek.
      8.      Alat peraga siap digunakan
                           

     H.    Cara Penggunaan
Adapun cara penggunaan alat peraga “Matriks Bersesuaian dengan suatu transformasi” yaitu sebagai berikut.
   1.  Pada alat peraga tersebut sudah ditampilkan matriks-matriks yg bersesuaian dengan suatu transformasi
    2.   Matriks ini digunakan untuk mempermudahkan siswa dalam mengerjakan soal transformasi menggunakan matriks yang bersesuaian.
      3.      Misalnya ada soal titik P(2,3) di cerminkan terhadap sumbu X, tentukan P’     
      4.      Cara mengerjakannya yaitu dengan melihat matriks yang bersesuaian pada alat peraga.
      5.      Setelah itu operasikan titik tersebut dengan matriks yang bersesuaian.
      6.      Sehingga didapatkan hasilnya.



Daftar Pustaka

Istana Matematika.( 2016, 8 20 ).Geometri Transformasi. Diakses pada 05 Desember2018.Tersedia:https://www.youtube.com/playlist?list=PLMMmhyFdQsqVrQK-nxdDFlbZwyp_wJa6e

Sulistiyono.2015. SPM Matematika Program IPA Untuk SMA/MA.Jakarta : Erlangga







Tidak ada komentar:

Posting Komentar